Petunjuk :
Atur Kertas A4, Margin atas, bawah, kiri kanan, 3,3,4,3
spasi 1,5 after before 0, ukuran huruf 12.. enjoy.....
KATA PENGANTAR
Segala puji dan syukur bagi Allah SWT yang
telah memberikan kemampuan, kekuatan, serta keberkahan baik waktu, tenaga,
maupun pikiran kepada penulis sehingga dapat menyelesaikan makalah yang
berjudul “Pemograman Web 1”
Dalam penyusunan makalah ini, penulis
mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada buku buku tentang
komputer dan website tentang komputer yang telah diberikan kemudahan kepada
penulis dalam pengerjaan makalah ini.
Penulis menyadari bahwa masih banyak
kekurangan pada penulisan makalah ini. Maka dari itu, saran dan kritik yang
membangun sangat penulis harapkan dari pembaca sekalian. Penulis berharap
semoga makalah ini dapat bermanfaat bagi siapa saja yang membacanya.
Pringsewu, 23 Juli 2016
Penulis
DAFTAR ISI
HALAMAN
JUDUL...................................................................................................................... i
KATA
PENGANTAR................................................................................................................... ii
DAFTAR
ISI.................................................................................................................................... iii
BAB I
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang........................................................................................................ 1
1.2 Rumusan Masalah................................................................................................ 1
1.3 Maksud dan Tujuan............................................................................................. 2
1.4 Metode Pengumpulan Data............................................................................ 2
1.5 Sistematika Penulisan......................................................................................... 3
BAB II
PEMBAHASAN
2.1 Dasar Pemrograman Web.............................................................................. 4
2.2 Web Programming ASP.................................................................................... 5
2.3 Dasar-Dasar ASP................................................................................................... 6
2.4 Penyimpanan Informasi................................................................................... 7
2.5 ActiveX Data Object (ADO).............................................................................. 10
2.6 Jenis-Jenis Web Dan Fungsinya................................................................... 11
2.7 Dasar-Dasar Html Meliputi Syntax Yang
Digunakan...................... 14
BAB
III PENUTUP
3.1 Kesimpulan............................................................................................................... 20
3.1 Saran............................................................................................................................. 20
DAFTAR
PUSTAKA
BAB I
PENDAHULUAN
1.1 Latar
Belakang
Teknologi semakin hari semakin berkembang. Salah satunya teknologi
informasi, banyak sekali bidang yang memanfaatkan teknologi Informasi. Tuntutan
kebutuhan akan informasi dan penggunaan komputer yang semakin banyak mendorong
terbentuknya sebuah jaringan komputer yang mampu melayani berbagai kebutuhan
tertentu.
Jaringan komputer kita kenal dengan nama internet. Internet bisa diakses
dan dimanfaatkan untuk berbagai keperluan, oleh siapa saja dan dimana saja,
kapanpun kita mau menggunakannya.Salah satunya adalah web, yang mampu
menyediakan informasi dalam bentuk teks, gambar, suara maupun gambar bergerak.
Dengan kemampuan sepeti ini, web menjadi sangat terkenal dan perkembangannya sangatlah
pesat.
Dengan terus berkembangnya roda perkembangan teknologi, web berkembang
menjadi alat bantu yang tidak hanya mampu menyediakan informasi, namun juga
mampu untuk mengolah informasi. Proses pengolahan informasi dengan memanfaatkan
teknologi web menyebabkan web menjadi media yang dinamis. Hal ini membutuhkan
sarana teknis yang yang menentukan. Sarana tersebut banyak bergantung pada
penggunaan perangkat lunak yang kuat, aman, terpercaya, dan cepat.
Pada kesempatan ini penulis akan membahas tentang bahasa pemrograman
HTML sebagai salah satu perangkat lunak yang turut menentukan dapat
digunakannya media web sebagai media pengolah informasi.
1.2 Rumusan
Masalah
Makalah ini merumuskan beberapa permasalahan
sebagai berikut :
1. Apakah Web dan HTML itu?
2. Apa Fungsi HTML?
3. Bagaimana struktur pada halaman HTML?
1.3 Maksud
dan Tujuan
Maksud dari penyusunan tugas ini adalah untuk
memenuhi dan melengkapi salah satu tugas mata kuliah Pemrograman Terstruktur di
Bina Sarana Informatika. Sedangkan tujuan dari penulisan tugas ini adalah:
1. Menerapkan teori yang didapat selama belajar
di Bina Sarana Informatika.
2. Mengembangkan kreativitas dan wawasan
penulis.
3. Memberikan uraian tentang pemrograman HTML
secara lebih terperinci.
1.4 Metode
Pengumpulan Data
Untuk memperoleh data yang diperlukan dalam
penyusunan tugas ini, penulis menggunakan Metode Browsing Internet, yaitu
metode yang dilakukan dengan browsing atau membaca atau mencari
referensi-referensi yang berkaitan dengan masalah yang dibahas dalam tugas ini
di internet.
1.5 Sistematika
Penulisan
Untuk memudahkan pembaca dalam mempelajari
dan mengetahui isi makalah ini, penulis memberikan uraian singkat mengenai
gambaran pada masing-masing bab melalui sistematika penulisan yaitu :
BAB I PENDAHULUAN
Dalam bab ini, penulis menguraikan tentang
latar belakang penulisan, rumusan masalah, ruang lingkup, maksud dan tujuan
serta metode-metode yang digunakan dalam pengumpulan data untuk menyusun tugas
ini. Selain itu, penulis juga menguraikan mengenai sistematika penulisan.
BAB II PEMBAHASAN
Pada bab ini, penulis menguraikan tentang
materi-materi yang akan dibahas karena bab ini merupakan bab utama dari makalah
ini. Dalam bab ini penulis menguraikan tentang pengertian HTML, fungsi HTML,
struktur HTML dan pengaturan pada halaman HTML.
BAB III PENUTUP
Dalam bab ini, penulis menguraikan tentang
kesimpulan-kesimpulan dari masalah yang dibahas serta saran-saran yang penulis
ajukan guna perbaikan selanjutnya.
BAB II
PEMBAHASAN
2.1 Dasar Pemrograman Web
Pastilah kita pernah
mengunjungi suatu situs yang sangat berkesan, misalnya dari sisi layout dan
desainnya atau dari sisi interaktifnya, seperti bhinneka.com, amazon.com,
ebay.com, dan lain-lain. Pastilah kita pernah mengisikan sesuatu pada sebuah
situs baik itu sebuah buku tamu, polling, email dan lain-lain. Lalu kita juga
dapat melihat pada halaman tersebut seperti tanggal saat ini, jam, dan jumlah
pengunjung yang telah melihat situs tersebut.
Sebelum kita meranjak ke
materi lainnya, ada baiknya kita mengeri dahulu cara kerja Internet dalam hal
ini konsep client server dan peer to peer. Kita tidak usah membicarakan
bagaimana data berjalan dan sampai ketujuan dengan melewati berbagai
perangkat-perangkat jaringan computer karena tidak akan habis dibahas dalam
satu bab.
Konsep client server adalah koneksi
dan komunikasi yang dilakukan dua computer dimana satu sisi bertindak sebagai
klien dan sisi lain sebagai server, server hanya melayani permitaan klien dank
lien mengirimkan atau meminta suatu prose pada server. Sedangkan peer to peer
adalah konsep teknologi dimana antara kedua sisi tersebut menjadi kabur, satu
sisi computer tersebut bisa berupa client dengan meminta suatu layanan ke
server dan sisi lain computer tersebut bisa berupa server dengan menerima
proses permintaan dari client.
Web dibuat dengan suatu
bahasa pengkodean HTML, agar dapat interaktif maka seorang web development
membuat suatu pemrograman agar dapat interaksi antara pengunjung dan situs
tersebut, ada banyak bahasa yang dapat digunakan seperti ASP, PHP, Javascript,
dan lain-lain.
Contohnya pada saat kita masuk ke
situs tertentu, terdapat hit counter, jam, dan bukutamu, dan halaman polling.
Lalu pertanyaan dasar gimana kita membuat ini, apakah bisa diwujudkan dengan
hanya menggunakan HTML, atau butuh suatu script lain untuk mewujudkannya.
Jawabannya dengan kode HTML ini bisa diwujudkan dengan sangat sederhana dan
terbatas kemampuannya.
2.2 Web Programming ASP
ASP diperkenalkan ke dunia
pertama kali oleh Microsoft pada tanggal 16 Juli 1996, dan diberi nama kode Denali.
Beta version dirilis pada bulan November 1996, dan akhirnya ASP Version 1.0 secara
resmi dipasarkan ke publik pada tanggal 12 Desember 1996. Microsoft terus
mengembangkan ASP.
Kita dapat menggunakan
program notepad untuk menuliskan kode-kodenya dan nanti akan dieksekusi oleh
browser, namun saat ini ada banyak program untuk editor web seperti dreamweaver
yang sangat disukai penulis karena perfomanya. Agar supaya ASP dapat dijalankan
dikomputer local maka dibutuhkan suatu webserver localhost seperti IIS (internet
information server) atau PWS (Personal web server) yang ada pada cd Windowsnya.
Seperti telah disinggung
diawal bahwa pemrograman ASP akan kita ‘sisipkan’ pada kode HTML biasa. ASP
merupakan penerjemah VBScript dan Jscript pada web server, sampai saat ini
terdapat teknologi terayar Microsoft yaitu ASP.NET yang terintegrasi dalam
Microsoft.Net.
Bila VBScript kita gunakan
untuk dieksekusi pada server, kita menamakannya ASP dan jika dieksekusi pada
klien (browser) maka kita namakan VBScript.
Contoh penulisan pertama
ASP
Tag html
…
<%
Script ASP
%>
…
Tag html
Contoh penulisan VBScript
Tag html
…
<script
language=VBScript)
Script VBScript
</script>
…
Tag html
2.3 Dasar-Dasar ASP
a. Logika Pemrograman
Tipe data
digunakan misalnya untuk menyimpan data dan umumnya kita menyimpan data data
sebagai variable, variable memiliki nama dan nilai. Nama variable menentukan
bagaimana variable itu akan dipanggil dan nilainya merupakan data yang disimpan
pada variable tersebut.
Seperti bahasa
pemrograman konvensional lainnya, variable kita deklarasikanterlebih dahulu
agar nantinya dapat dieksekusi dan juga akan mempercepat waktu pengeksekusian
program.
b. Variabel
Untuk mendeklarasikan variable, kita menggunakan statemen DIM
seperti dibawah ini;
Dim nama_variabel, contohnya :
Dim ilkom
Dim raihan
Setelah melakukan
deklarasi barulah kita mengisikan sebuah nilai pada variable tersebut. Untuk
mengisinya kita gunakan operator penugasan (assignment operator) seperti :
ilkom = 15
raihan = “nasyedman”
dari variable diatas maka
variable stmik akan menyimpan nilai numeric 15 dan variable raihan akan
menyimpan string “nasyedman”.
Ada beberapa petunjuk pemberian nama
Variabel diantaranya, harus dimulai dengan suatu karakter alpabetik, tidak
dapat mengandung titik atau karrakter untuk deklarasi tipe, harus unik dengan
jangkauan yang samaa (lihat yang dibawah ini untuk catatan tentang jangkauan,
harus berupa 255 karakter atau kurang.
2.4 Penyimpanan Informasi
a. Object Built In
Seperti yang telah disinggung sebelumnya bahwa dalam VBScript
terdapat objek-objek yang dapat digunakan untuk membuat program (object built
in),objek-objek tersebut dapat digunakan untuk mengumpulkan data permintaan
browser, menyimpan informasi browser, dan lain-lain masih banyak lagi, ada
beberapa object built in yang akan kita bahas dalam bagian ini, diataranya;
b. Input Output
Pastilah kita pernah mengunjungi situs tertentu dan melihat
beberapa kotak dialog seperti input nilai, inputkan nama, dan lain-lain seperti
di VB. Mekanisme ini digunakan untuk berkomunikasi dengan pengujung dengan
menggunakan MsgBox dan InputBox, MsgBox digunakan untuk menampilkan sejumlah
pesan kepada pengunjung sedangkan Input Box digunakan untuk memperoleh masukan
dari pengunjung
c. Objek Form
Sebelum kita membicarakan objek pada form, ada beberapa control
HTML yang nantinya akan kita gunakan untuk membangun aplikasi dengan ASP.
Penggunaan pada tag ini dimulai dengan <input> dan dikuti dengan tag yang
akan kita masukan pada sebuah form.
Objek form
digunakan untuk berkomunikasi dengan form pada dokumen HTML. Objek ini
memiliki suatu metode submit, yang berfungsi untuk mengirimkan form, eventnya
yaitu onSubmit. Ada beberapa property dari objek form, yaitu ; Property
|
Keterangan
|
Action
|
Halaman tujuan
dari form
|
Method
|
Metode request
dari form
|
Encoding
|
Encoding Form
|
d. Proses
Input Form
Dari contoh sebelumnya telah kita lihat beberapa contoh yang
mengandung form. Jika kita perhatikan maka terdapat tag seperti <FORM
METHOD = “POST | GET “ ACTION = “NAMEFILE.ASP”
Proses terhadap input dilakukan dengan menggunakan objek Request.
Input form tersebut akan ditampung oleh koleksi QueryString dan koleksi Form.
Perbedaan menggunakan kedua koleksi ini tergantung pada parameter METHOD dan
FORM.
Jika kita perhatikan pada contoh latihan 3.3, dimana pada halaman
‘tampilmahasiswa’ terdapat vardata yang digunakan untuk menampung data yang
akan diambil. Misalnya pada halaman ’maha.asp’ data yang menampung nama adalah
komponen <INPUT TYPE=text> yang diberi NAME=namamahasiwa.
Maka untuk mengambilnya <%=Request.QueryString ("TxtNama")%>
Sekarang kita masih menggunakan koleksi QueryString namun bedanya
metode yang dikirimkan menggunakan POST bukan GET.
Form.asp
<Html>
<Head>
<Title>Daftar Mahasiswa</Title>
</Head>
<Body>
<Form Method="POST"
name="form" Action="proses.asp"
Name="FrmMahasiswa">
Nama depan <input type="text"
name="nama"> <br>
Nama keluarga <input type="text"
name="keluarga"> <br>
Umur <input type="text" name="umur">
<br>
<Input Type="hidden"
Value="new" Name="status">
<Input Type="submit"
Value="Batal" Name="CmdBatal"></TD>
</Form>
</Body>
</Html>
Proses.asp
<Html>
<Head>
<Title>Daftar Mahasiswa</Title>
</Head>
<Body>
hallo, <%=Request.FORM("nama")%>
<%=Request.FORM("keluarga")%><br>
anda saat ini berusia
<%=Request.FORM("umur")%> tahun. <br>
<%
if Request.FORM("status") =
"new" then
response.write" ini adalah kunjungan pertama
anda !"
end if
%>
</body>
<html>
2.5 ActiveX Data Object (ADO)
a. ADO Objek Model
Dalam membuat suatu halaman web belum lengkap rasanya jika kita
tidak dapat berinteraksi secara dinamis dengan web yang kita kunjungi, salah
satu nilai tambah dari ASP adalah kita dapat membuat script yang kita buat
diintegrasikan dengan suatu Database, misalnya Microsoft Access.Visual Foxpro,
atau Microsoft SQL Server.
ActiveX Data Object (ADO) adalah komponen yang memungkinkan
aplikasi client untuk mengakses dan memanipulasi data pada web server.
Identitas program ADO adalah ADODB.
Seperti objek-objek laiinya ADO juga memiliki koleksi, properti
dan metode, diantaranya adalah ADO
objek Model, Objek Command, Objek Connection, Objek Error, Objek Field, Objek Parameter, Objek Property, Objek
Recordset, Metode AddNew, Append, metode
delete, metode execute, Properti AbsolutePage, Absoluteposition, dll.
b. ODBC
Untuk dapat
mengakses sumber daya OLE DB, langkah pertama yang harus dilakukan adalah memberitahukan
kepada ADO dimana diletakan file sumber database tersebut.
Conection string yang digunakan berbeda-beda tergantung pada
sumber data Database yang kita buat.
·
Sumber data Microsoft Access menggunakan OLE Dbnya =
Provider=Microsoft.Jet.OLEDB.4.4;Data Source= letak file.mdb
·
Microsoft SQL Server = Provider = SQLOLEDB.1;Data Source = letak
database server
·
Oracle = Provider = MSDAORA.1;Data Source = letak database pada
server
·
Microsoft Indexing service = Provider=MSIDXS.1;Data Source = letak
file
Contohnya ;
<%
Set cnn =
Server.CreateObject(“ADODB.Connection”)
Cnn.open
“Provider=Microsoft.Jet.OLEDB.4.0;Data
Source=C:\Documents\data.mdb
%>
note : penulisan
connection string harus dilakukan dalam satu baris.
Dengan menggunakan ODBC kita akan dapat lebih banyak
mendapatkan driver database namun koneksi akan lebih ribet dibandingkan dengan
cara OLE DB. Pada setiap versi Windows ODBC dapat diakses di Control Panel.
Perhatikan pada bagian atasnya terdapat beberapa tab, diantaranya
;
·
User DSN : jika digunakan
maka user maka hanya komputer tersebut saja yang dapat mengkasesnya
·
System DSN : semua
komputer yang memiliki jaringan yang sama maka dapat mengakes sumber data,
·
File DSN : akan memberikan
akses multi user terhadap sumber data, serta dapat di transfer dari satiu
server ke server lainnya.
2.6 Jenis-Jenis Web Dan Fungsinya
a. Search engine atau Mesin pencarian
Search engine atau mesin
pencarian adalah jenis website yang khusus mengumpulkan daftar website yang
ditemukan diinternet dalam database kemudian menampilkan daftar indeks ini
berdasarkan kata kunci atau “keywords” yang dicari oleh user. Mayoritas
pengguna internet sudah familiar dengan situs search engine untuk mencari
informasi yang mereka butuhkan melalui internet. Beberapa contoh search engine
antara lain yaitu: Google search, Bing, Yahoo search dan lain-lain.
b. Web Portal
Web portal adalah situs yang mengumpulkan dan menyediakan
indormasi dari berbagai sumber untuk ditampilkan kepada user, jika user
tertarik untuk mengetahui informasi yang ada dengan lebih lengkap, user akan
diarahkan kesumber yang aslinya. Namun pada umumnya web portal tidak hanya
menampilkan informasi dari sumber luar, kadang mereka juga menampilkan
informasi-informasi dalam website mereka sendiri. Beberapa contoh web portal
adalah yahoo, msn, msnbc.
c. Wiki
Website wiki yang paling terkenal saat ini wikipedia. Website wiki
adalah website wiki yang mengizinkan pengunjung untuk ikut menulis dan mengedit
artikel yang ada dalam website dengan mengacu pada peraturan-peraturan
tertentu. Masing-masing website wiki memilki aturan yang berbeda-beda.
Biasanya, meskipun pengunjung bebas untuk menulis dan mngedit artikel di
website ini, namun ada sekelompok orang yang bertugas untuk memeriksa konten
yang dimuat apakah layak atau tidak untuk website tersebut. Meskipun website
ini sering menjadi sumber referensi namun tidak semua informasi yang ada dapat
dipercaya 100%.
d. Archiveve site
Archieve site atau situs arsip adalah website yang dibuat
mengumpulkan dan menyimpan materi-materi elektronik berupa konten-konten dan
halaman-halaman website agar tidak hilang/punah. Contohnya archieve.org.
e. Social networking/social media
Social media termasuk salah satu fenomena yang luar biasa hingga
saat ini, khusunya diwakili oleh Facebook. Situs social networking atau situs
pertemanan online adalah situs yang disediakan bagi para membernya untuk
bertukar informasi dan media elektronik lainnya seperti foto, musik dan video.
Beberapa situs sosial networking yang terkeneal sebelim fenomena facebook dan
twitter anata lain Multiply, Friendster dan Myspace. Kemudian bermunculan pula
social media untuk berbagi lokasi (FourSquare), social media entertainment (GetGlue)
dan amsih banyak lagi.
f. Forum
Forum termasuk salah satu jenis website yang pernah menjamur
diindonesia. Apalagi sejak fenomena KasKus sebagai forum no 1 dan juga website
dengan pengunjung terbanyak diindinesia. Ada yang spesifik ada juga ayng
bersifat umum, dan dalam forum ini terdapat sub-sub forum berdasarkan
kategori-kategori tertentu yang ditetapkan oleh admin. Untuk membangun sebuah
forum yang lengkap memnutuhkan waktu yang sangat banyak. Untungnya sudah
tersedia software-software pembuat forum yang siap pakai, baik ayng gratis
maupun yang berbayar. Software pembuat forum yang terkenal adalah vBulletin,
yang digunakan oleh kaskus dan banyak forum-forum internet lainnya.
g. Portal berita dan Informasi
Portal berita dan informasi adalah situs yang memuat berita-berita
dan artikel-artikel untuk dibaca pengunjung. Bisa juga berisi opini dan
komentar-komentar seputar politik, teknologi dan lain-lain. Situs-situs berita
ini sperti layaknya koran, majalah dan buletin online. Konsep dan karakteristik
situs berita berbeda-beda sesuai dengan jenis berita dan target pembacanya.
Beberapa contoh situs berita adalah detik, kompas dan cosmopolitan.
h. Social bookmarking
Social bookmarking adalah situs yang mengijinkan user untuk
memasukkan informasi atau sumber informasi artikel-artikel untuk dibaca atau
di-rating dan dikomentari oleh user lainnya. Situs jenis ini sering digunakan
oleh pemilik situs berita, blog dan situs-situs lainnya untuk mempromosikan
konten situs mereka. Beberapa situs social bookmarking yang terkenal adalah
Lintas berita, Digg dan stumbleupon
i. Media sharing
Situs ini khusus
disediakan bagi user untuk mengupload media-media elektronik seperti gambar,
musik dan video agar dapat dilihat dan didownload oleh pengunjung lain.
Contohnya yaitu Youtube, Flickr, Imageshack.
j. Cloud
Situs jenis cloud ini
adalah pengembangan dari situs media sharing dimana situs ini memberikan fasilitas
penyimpanan file sekaligus berbagi file bagi anggotanya dengan fitur canggih
sinkronisasi file, dimana pengguna dapat melakukan sinkronisasi otomatis
file-file tertentu dikomputer atau gadget mereka dengan cloud server tanpa
perlu melakukan upload file manual. Beberapa contoh website cloud adalah
Dropbox, SkyDrive dan GoogleDrive.
2.7 Dasar-Dasar Html Meliputi Syntax Yang Digunakan
Kelompok Kerja Teknologi Aplikasi Web
Hyperteks (Web Hypertext Application Technology Working Group, WHATWG) mulai membuat
standar baru ini pada tahun 2004 ketika Konsortium W3C sedang fokus pada
pengembangan XHTML 2.0 di masa depan, sementara HTML 4.01 belum pernah
diperbarui sejak tahun 2000. Sejak tahun 2009, W3C dan WHATWG bekerja sama
dalam pengembangan HTML5 setelah W3C mengakhiri Kelompok Kerja Pengembangan
XHTML 2.0.
Meskipun HTML5 telah dikenal luas oleh para pengembang web sejak lama, HTML5 baru mencuat pada April 2010 setelah CEO Apple Inc., Steve Jobs, mengatakan bahwa dengan pengembangan HTML5, "Adobe Flash sudah tidak dibutuhkan lagi untuk menyaksikan video atau menyaksikan konten apapun di web."
Meskipun HTML5 telah dikenal luas oleh para pengembang web sejak lama, HTML5 baru mencuat pada April 2010 setelah CEO Apple Inc., Steve Jobs, mengatakan bahwa dengan pengembangan HTML5, "Adobe Flash sudah tidak dibutuhkan lagi untuk menyaksikan video atau menyaksikan konten apapun di web."
a. Struktur dasar HTML5
Secara
umum Web dokumen terdiri dari menjadi dua elemen ataupun section yaitu head dan
body, kedua elemen tersebut dipisahkan oleh beberapa tag. pola dasar HTML
dibawah ini
<html>
<head> “Informasi Tentang Dokumen HTML” </head>
<body> “Informasi yang akan ditampilkan dalam web Browser” </body>
</html>
<html>
<head> “Informasi Tentang Dokumen HTML” </head>
<body> “Informasi yang akan ditampilkan dalam web Browser” </body>
</html>
Dari
pola diatas dapat digambarkan adanya sebuah dokumen HTML mulai dari tag pembuka
<html> sampai tag penutup </html>, sedangkan isi dari dokumen html
tersebut adalah dua buah elemen atau section yaitu:
1)
“HEAD”
yang dimulai dari tag pembukanya <head> sampai tag penutup head
</head>, Pada elemen ini biasanya berisikan:
·
Title,
merupakan judul dokumen
·
Meta
tag, informasi yang akan diberikan oleh pengunjung tentang isi halaman web. Dalam
Meta Tag dapat kita isikan beberapa atribut penjelasan antara lain, Content,
Name, URL. Sedangkan dalam atribut tersebut terdapat sebuah value, adapun
beberapa value yang dapat kita isikan antara lain abstract, author, copyright,
description, distribution, expires, keywords, revist, refresh maupun language
2)
Script
java, CSS dan beberapa perintah lain yang nantinya akan diesekusi browser tanpa
ditampilkan oleh browser untuk sebagian besar, dengan kata lain pada elemen ini
kebanyakan hanya mengatur informasi dan visualisasi web tersebut, untuk elemen
keduanya adalah:
·
“BODY”
mulai dari tag pembuka <body> sampai tag penutupnya </body> pada
elemen ini berisikan informasi dan pengaturannya yang akan ditampilkan dalam
browser.
·
Atribut
HTML, adapun contoh atributh dan kegunaannya sebagai berikut:
<DFN>
untuk menandai sebuah subdefinisi dari daftar ataupun table definisi
<STRONG>,
Untuk menandai bagian text ataupun kata dari penting dari sebuah kalimat,
paragraph ataupun dokumen
<VAR>
untuk menampilkan nama variable
<CITE>
Menandai kutipan
<CODE>
Menampilakan sebuah kode pemrograman
<EM>
Penekanan sebuah kalimat
<SAMP>
untuk membuat contoh ataupun sample didalam sebuah dokumen
<KBD>
menandai suatu text dimana text tersebut harus dimasukan oleh user melalui
keyboard
<B>
Bold membuat tampilan tebal huruf, kata ataupun kalimat
<I>
Italic membuat tampilan miring
<U>
Underline membuat tampilan garis bawah
<TT>
Membuat tampilan jenis huruf menyerupai huruf mesin ketik
<STRIKE>
membuat garis tengah pada sebuah kalimat
<BIG>
memperbesar ukuran huruf
<SMALL>
memperkecil ukuran huruf
<SUP>
menampilkan superscript
<SUB>
menampilkan subscript
<FONT>
merupakan sebuah pengaturan huruf, kata ataupun kalimat bahkan paragraph di
mana dalam atribut ini terdapat value yang mengatur tampilan huruf tersebut
seperti color.
Size,
style dan lainnya
<P>
Paragrah untuk membuat sebuah paragraph
<BR>
Line break berfungsi untuk mengganti baris
<H1>,<H2>,<H3>,<H4>,<H5>,<H6>
merupakan sebuah header dimana dari keenam jenis tersebut mempunyai perbedaan
ketebalan dan ukuran huruf
<PRE>
Preformatted Text berfungsi menampilkan text apa adanya
<CENTER>
membuat sebuah text berada di posisi tengah
<LEFT>
membuat sebuah text berada di posisi kiri
<RIGHT>
membuat sebuah text berada di posisi kanan
<Basefont
size=”pixel”> mengubah ukuran sebuah huruf
<HR>
Horizontal rule berfungsi untuk membuat garis bawah
<OL>
membuat penomoran pada daftar
<UL>
Membuat sebuah tanda pada daftarA. Sejarah HTML5
Kelompok
Kerja Teknologi Aplikasi Web Hyperteks (Web Hypertext Application Technology
Working Group, WHATWG) mulai membuat standar baru ini pada tahun 2004 ketika
Konsortium W3C sedang fokus pada pengembangan XHTML 2.0 di masa depan,
sementara HTML 4.01 belum pernah diperbarui sejak tahun 2000. Sejak tahun 2009,
W3C dan WHATWG bekerja sama dalam pengembangan HTML5 setelah W3C mengakhiri
Kelompok Kerja
Meskipun
HTML5 telah dikenal luas oleh para pengembang web sejak lama, HTML5 baru
mencuat pada April 2010 setelah CEO Apple Inc., Steve Jobs, mengatakan bahwa
dengan pengembangan HTML5, "Adobe Flash sudah tidak dibutuhkan lagi untuk
menyaksikan video atau menyaksikan konten apapun di web."
Kelompok
kerja untuk teknologi aplikasi web hypertext (WHATWG) mulai menspesifikasikan
HTML5 pada bulan juni 2004 dengan nama Web Applications 1.0. , hingga pada
bulan maret 2010 spesifikasi ini masuk ke bagian draft standar di WHATWG, dan
ke dalam bagian pengurusan draft di W3C. Ian Hickson mewakili Google ,Inc
menjadi editor HTML5.
Pada
tahun 2007 Spesifikasi HTML5 diadopsi sebagai pekerjaan permulaan untuk grup
baru yang mengurus HTML di World Wide Web Consorsium (W3C). Grup ini pertama
kali mempublikasikan hasil draft pekerjaan pertama mereka pada tanggal 22
januari 2008. Spesifikasi ini berstatus dalam tahap pengerjaan, dan
diperkirakan akan tetap demikian selama bertahun-tahun, meskipun sebagian dari
HTML5 sudah dalam tahap penyelesaian dan diimplementasikan pada penjelajah web
sebelum keseluruhan spesifikasinya mencapai status rekomendasi final.
Berdasarkan
pada jadwal kerja W3C, HTML5 diperkirakan menjadi kandidat rekomendasi pada
akhir tahun 2010. Namun, publikasi pertama draft HTML 5 meleset selama 8 bulan.
Permintaan dokumen terakhir dan tahap kandidat rekomendasi diharapkan dapat
dicapai pada tahun 2008, tetapi hingga bulan Juli 2010 HTML 5 masih dalam
tahapan draft pengerjaan di W3C. WHATWG telah meminta penyelesaian terakhir
untuk HTML5 sejak bulan oktober tahun 2009.
Editor HTML5, Ian Hickson, berharap spesifikasi HTML5 dapat mencapai tahap kandidat rekomendasi pada tahun 2012. Kriteria di W3C agar sebuah spesifikasi dapat berstatus - Direkomendasikan - adalah "yang kedua: 100% selesai dan penerapannya dapat dilakukan pada dua atau lebih sistem yang berbeda". Pada wawancaranya dengan TechRepublic, Hickson memperkirakan hal ini baru akan terjadi pada tahun 2022 atau setelahnya.
Editor HTML5, Ian Hickson, berharap spesifikasi HTML5 dapat mencapai tahap kandidat rekomendasi pada tahun 2012. Kriteria di W3C agar sebuah spesifikasi dapat berstatus - Direkomendasikan - adalah "yang kedua: 100% selesai dan penerapannya dapat dilakukan pada dua atau lebih sistem yang berbeda". Pada wawancaranya dengan TechRepublic, Hickson memperkirakan hal ini baru akan terjadi pada tahun 2022 atau setelahnya.
Pada
HTML 5 diperkenalkan beberapa elemen baru dan atribut yang merefleksikan
tipikal penggunaan website modern. Beberapa diantaranya adalah pergantian yang
bersifat semantik pada blok yang umum digunakan: yaitu elemen (<div>) dan
inline (<span>), sebagai contoh (<span>) (sebagai blok navigasi
website) dan <footer> (biasanya dikaitkan pada bagian bawah suatu website
atau baris terakhir dari kode html). Banyak elemen lain yang memberikan
kegunaan baru melalui antar muka yang telah distandarkan, seperti elemen
multimedia <audio> dan <video>. Beberapa elemen yang telah
ditinggalkan juga ditiadakan, termasuk elemen presentasi semata seperti
<font> dan <center>, yang sebenarnya dapat dikerjakan menggunakan
Cascading Style Sheet (CSS).
Untuk
menambah keluwesan pemformatan, pada HTML5 telah dispesifikasikan pengkodean
application programming interfaces (APIs). Antarmuka document object
model (DOM) yang ada dikembangkan dan fitur de facto didokumentasikan. Beberapa
APIs terbaru pada HTML5 antara lain :
·
Elemen
canvas, sebagai mode untuk menggambar object dua dimensi (2D). Lihat spesifikasi
1.0 untuk canvas 2D.
·
Timed
media playback
·
Media
penyimpanan luring (aplikasi web luring). Lihat Web Storage
·
Penyuntingan
dokumen
·
Drag
and Drop
·
Cross-document
messaging
·
Manajemen
sejarah kunjungan penjelajah web
·
Tipe
MIME dan penanggung jawab protokol registrasi.
Beberapa
teknologi yang juga terkait namun tidak dijadikan bagian dalam spesifikasi
HTML5 W3C dan WHATWG HTML5 adalah :
·
Geolocation
·
Web
SQL Database, media penyimpanan database lokal.
·
API
Database terindeks, mode penyimpanan hierarkis key-value (WebSimpleDB).
·
Web
Speech API
BAB III
PENUTUP
3.1 Kesimpulan
ASP diperkenalkan ke dunia
pertama kali oleh Microsoft pada tanggal 16 Juli 1996, dan diberi nama kode
Denali. ActiveX Data Object (ADO) adalah komponen yang memungkinkan aplikasi
client untuk mengakses dan memanipulasi data pada web server. Identitas program
ADO adalah ADODB.
Web dokumen terdiri dari
menjadi dua elemen ataupun section yaitu head dan body. HTML5 telah dispesifikasikan pengkodean
application programming interfaces (APIs).
3.2 Saran
Dengan adanya pembahasan tentang
Web HTML, ini semoga dapat memberikan ilmu dan wawasan kepada pembaca terhadap
HTML. Bila ada kekurangan dalam makalah ini baik yang disengaja atau tidak
sengaja, maupun kesalahan kata dalam penulisan, mohon maaf sebesar - besarnya.
DAFTAR PUSTAKA
http://kusnulatma.blogspot.co.id/2011/01/dasar-dasar-mempelajari-html.html?m=1
http://www.dunia-online.net/article/mengenal_jenisjenis_website_berdasarkan_fungsinya
http://id.wikipedia.org/wiki/HTML5
http://www.w3schools.com/html/html5_intro.asp