1. Unsur deklaratif terbentuknya negara
Jawab:
Pengakuan dari negara lain
2. Menyebutkan bentuk kenegaraan
Jawab:
Koloni, trustee (perwalian), dominion, uni, protektorat, mandat.
3. Menyebutkan tujuan negara indonesia yang tercantum dalam pembukaan UUD
Jawab:
· Melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia
· Memajukan kesejahteraan umum
· Mencerdaskan kehidupan bangsa
· Ikut melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi dan keadilan sosial
4. Menjelaskan sikap nasionalisme pada negara
Jawab:
Nasionalisme adalah sikap mental dan tingkah laku individu atau masyarakat yang menunjukkan adanya layolitas atau pengabdian yang tinggi terhadap bangsa dan negara
5. Memberikan contoh sikap patriotisme
Jawab:
· Melestarikan kebudayaan Indonesia, tentunya kita pun harus bangga dan cinta terhadapnya.
· Mencintai dan bangga akan produk – produk dalam negeri.
· Ikut serta dalam pengembangan dan pembangunan negeri.
· Mengesampingkan sikap pluralisme
6. Menjelaskan pengertian hukum menurut para ahli
Jawab:
Menurut E.M. Meyers hukum adalah semua aturan yang mengandung pertimbangan kesusilaan. Ditujukan kepada tingkah laku manusia dalam masyarakat dan yang menjadi pedoman bagi penguasapenguasa negara dalam melakukan tugasnya.
Menurut E.M. Meyers hukum adalah semua aturan yang mengandung pertimbangan kesusilaan. Ditujukan kepada tingkah laku manusia dalam masyarakat dan yang menjadi pedoman bagi penguasapenguasa negara dalam melakukan tugasnya.
7. Menyebutkan lembaga anti korupsi di indonesia
Jawab:
· Pemberantasan Korupsi, Kolusi dan Nepotisme (KP2KKN),
· Konsorsium Reformasi Hukum Nasional (KRHN).
· Indonesia Legal Resource Center (ILRC),
· Transparency International Indonesia (TII),
· Pusat Kajian Anti Korupsi Fakultas Hukum Universitas Gajah Mada.
8. Menyebutkan pengertian HAM
Jawab:
Hak Asasi Manusia adalah hak hak dasar yang dimiliki manusia sebagai anugerah dari Tuhan
9. Menjelaskan upaya penegakan dan pemajuan HAM
Jawab:
· Pembentukan Komnas HAM
· Pembentukan RANHAM (Rencana Aksi Nasional HAM)
· Penegakan HAM melalui Ratifikasi
· Penegakan HAM melalui Pencegahan
· Penegakan HAM melalui Penindakan
10. Menjelaskan definisi konstitusi secara luas
Jawab:
Konstitusi dalam pengertian luas adalah keseluruhan dari ketentuan-ketentuan dasar atau hukum dasar.
11. Menjelaskan asas asas kewarganegaraan
· Keturunan (ius sanguinis)
· Tempat kelahiran (ius soli)
· Pewarganegaraan (naturalisasi)
12. Tata cara memperoleh kewarganegaraan
Jawab:
· Permohonan
· Pernyataan
· Pemberian
· Pernyataan untuk memilih kewarganegaraan
13. Mendefinisikan sistem politik yang berlaku di negara
Jawab:
Sistem politik yaitu berbagai kegiatan yang dilakukan oleh beberapa unsur atau lembaga negara yang saling berkaitan dan menyatu untuk mencapai tujuan-tujuan negara.
14. Menjelaskan sistem politik yang berlaku di indonesia
Jawab:
Sistem politik demokrasi di Indonesia adalah sistem politik yang didasarkan pada nilai, prinsip, prosedur, dan kelembagaan yang demokratis.
15. Siswa mampu menjelaskan budaya politik yang berkembang di masyarakat
Jawab:
Sistem politik Indonesia diartikan sebagai kumpulan atau keseluruhan berbagai kegiatan dalam negara Indonesia yang berkaitan dengan kepentingan umum termasuk proses penentuan tujuan, upaya-upaya mewujudkan tujuan, pengambilan keputusan, seleksi dan penyusunan skala prioritasnya. Sistem politik Indonesia dijalankan oleh beberapa lembaga-lembaga negara yang tersebut di dalam konstitusi negara ( termasuk fungsi legislatif, eksekutif, dan yudikatif ).
16. Siswa mampu menjelaskan tipe tipe budaya politik
Jawab:
· Budaya politik parokial yaitu budaya politik yang tingkat partisipasi politiknya sangat rendah.
· Budaya politik kaula (subjek),yaitu budaya politik yang masyarakat yang bersangkutan sudah relatif maju baik sosial maupun ekonominya tetapi masih bersifat pasif.
· Budaya politik partisipan,yaitu budaya politik yang ditandai dengan kesadaran politik yang sangat tinggi.
17. Siswa mampu menjelaskan sarana sarana asosialisasi politik
Jawab:
· Keluarga
· Teman pergaulan
· Lembaga pendidikan formal (sekolah)
· Media massa
· Pemerintah
· Partai politik
· Masyarakat
18. Siswa mampu menjelaskan pengertian demokrasi
Jawab:
Demokrasi adalah pemerintahan dari rakyat oleh rakyat untuk rakyat
19. Siswa mampu menjelaskan periodisasi konstitusi yang pernah berlaku di indonesia
Jawab:
· Demokrasi periode 1945-1949
· Demokrasi parlementer (1950-1959)
· Demokrasi terpimpin (1959-1965)
· Demokrasi orde baru (1966-1998)
· Demokrasi reformasi (1998-sekarang)
20. Siswa mampu menjelaskan pengertian good governance
Jawab:
Good governance adalah pemerintahan yang baik
21. Siswa mampu memberikan contoh keadilan sosial bagi seluruh rakyat indonesia
Jawab:
· Berusaha menolong orang lain sesuai kemampuan
· Menghargai hasil karya orang lain
· Tidak mengintimidasi orang dengan hak milik kita
· Menjunjung tinggi nilai kekeluargaan
· Menghormati hak dan kewajiban orang lain
22. Siswa mampu menyebutkan landasan perjanjian internasional
Jawab:
Pasal 38 Ayat (1) Piagam Mahkamah Internasional, dinyatakan, bahwa perjanjian internasional, baik yang bersifat umum maupun khusus, mengandung ketentuan-ketentuan hukum yang diakui secara tegas oleh negaranegara yang bersangkutan.
23. Siswa mampu menjelaskan tahap tahap perjanjian internasional
Jawab:
· Tahap perundingan (negotiation)
· Tahap penandatanganan (signature)
· Tahap pengesahan (ratification)
24. Siswa mampu menjelaskan pembuat perjanjian internasional
Jawab:
25. Siswa mampu menjelaskan kedudukan konsulat jenderal
Jawab:
Mengepalai Kantor Konsulat Jenderal yang dapat membawahi beberapa konsuler
26. Siswa mampu menjelaskan badan badan yang berada di bawah naungan PBB
Jawab:
· Organisasi Buruh Internasional (International Labour Organization/ILO)
· Organisasi Bahan Makanan dan Pertanian Perserikatan Bangsa-Bangsa (Food and Agriculture Organization of the United Nation/FAO)
· Organisasi Pendidikan, Ilmu Pengetahuan dan Kebudayaan Perserikatan Bangsa-Bangsa (United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization/UNESCO)
· Organisasi Kesehatan Dunia (World Health Organization/WHO)
· Bank Pembangunan dan Perkembangan Internasional (International Bank of Reconstruction and Development/IBRD)
· Dana Moneter Internasional (International Monetary Fund/IMF)
27. Siswa mampu menjelaskan peran Indonesia dalam pembentukan ASEAN
Jawab:
· Salah Satu Negara Pendiri ASEAN
· Memberikan Gagasan Dalam Pembentukan Komunitas Keamanan ASEAN
· Memberikan Gagasan Dalam Menghormati dan Melindungi HAM
· Khazanah Budaya Indonesia Adalah Bagian Dari Kebudayaan ASEAN
· Mendukung Terbentuknya Masyarakat Ekonomi ASEAN
28. Siswa mampu menjelaskan subjek hukum internasional
Jawab:
Subjek hukum internasional adalah orang atau badan/lembaga yang dianggap mampu melakukan perbuatan atau tindakan hukum yang diatur dalam hukum internasional dan dapat dipertanggungjawabkan secara hukum internasional atas perbuatannya tersebut.
29. Siswa mampu menjelaskan penyelesaian sengkata internasional melalui mahkamah internasional
Jawab:
Secara umum, mekanisme persidangan Mahkamah Internasional dapat dibedakan menjadi dua, yaitu mekanisme normal dan mekanisme khusus.
· Mekanisme normal: Penyerahan perjanjian khusus (notification of special agreement) atau aplikasi (application), Pembelaan tertulis (written pleadings), Presentasi pembelaan (oral pleadings), Keputusan (judgement)
· Mekanisme khusus : Adanya keberatan awal (preliminary objection), Ketidakhadiran salah satu pihak (non-appearance), Putusan sela (provisional measures), Beracara bersama (joinder proceedings), Intervensi (intervention).
30. Mendeskripsikan makna ideologi negara
Jawab:
Pengertian ideologi secara umum yaitu suatu kumpulan gagasan, ide, keyakinan, serta kepercayaan yang bersifat sistematis yang mengarahkan tingkah laku seseorang dalam berbagai aspek.
31. Menjelaskan proses perumusan Pancasila sebagai dasar negara
Jawab:
· Terbentuknya BPUPKI
· Sidang BPUPKI dan Usulan-usulan Rumusan Pancasila
· Proses Perumusan Pancasila Setelah Pidato Sukarno
· Perbedaan Pandangan Antara Golongan Islam dan Paham Kebangsaan
· Lahirnya Piagam Jakarta
· Pengesahan Rumusan Pancasila Sebagai Dasar Negara
32. Mendeskripsikan Pancasila sebagai sumber nilai
Jawab:
Artinya seluruh tatanan kehidupan masyarakat, bangsa dan negara menggunakan Pancasila sebagai dasar moral (norma) dan tolok ukur tentang baik buruk dan benar salahnya sikap, perbuatan dan tingkah laku bangsa Indonesia.
33. Pengertian pemerintah dalam arti luas
Jawab:
Pemerintahan dalam arti luas meliputi bidang eksekutif, legislatif, dan yudikatif.
34. Ciri ciri pemerintahan parlementer
Jawab:
· Perdana menteri adalah kepala pemerintahan dan Presiden/Raja adalah kepala negara.
· Eksekutif presiden ditunjuk oleh badan legislatif, sedangkan untuk presiden/raja diseleksi menurut undang-undang yang berlaku di negara tersebut.
· Perdana menteri memiliki hak prerogratif untuk mengangkat dan memberhentikan pejabat-pejabat(Menteri) yang memimpin departement dan non departement.
· Pejabat-pejabat(Menteri) hanya bertanggung jawab kepada kekuasaan legislatif.
· Kekuasaan eksekutif bertanggung jawab kepada kekuasaan legislatif.
· Kekuasaan eksekutif dapat dijatuhkan oleh legislatif.
35. Kelebihan dan kelemahan pemerintahan presidensil dan parlementer
Jawab:
Kelebihan sistem pemerintahan presidensial
· Badan eksekutif lebih stabil kedudukannya sebab tidak tergantung pada parlemen
· Bahwa seorang Menteri tidak dapat di jatuhkan Parlemen karena bertanggung jawab kepada presiden.
· Pemerintah dapat leluasa karena tidak ada bayang-bayang krisis kabinet
· Legislatif bukan tempat kaderisasi untuk jabatan-jabatan eksekutif sebab dapat diisi oleh orang luar termasuk juga anggota parlemen sendiri.
· Masa jabatan badan eksekutif lebih pasti dengan jangka waktu tertentu. Misalkan, masa jabatan Presiden Amerika Serikat selama empat tahun, sedangkan Presiden Indonesia lima tahun.
· Penyusun program kerja kabinet lebih mudah disesuaikan dengan jangka waktu masa jabatannya.
Kelemahan Sistem pemerintahan Presidensial
· Sistem pertanggungjawaban kurang begitu jelas
· Pengawasan rakyat lemah
· Kekuasaan eksekutif diluar pengawasan langsung badan legislatif sehingga dapat menimbulkan kekuasaan mutlak
· Pembuatan keputusan/kebijakan publik umumnya hasil tawar-menawar antara eksekutif & legislatif sehingga dapat terjadi keputusan tidak tegas & memakan waktu yang lama.
· Pengaruh rakyat dalam kebikajan politik negara kurang mendapat perhatian
Kelebihan Sistem Pemerintahan Parlementer
· Pengaruh rakyat terhadap politik yang dijalankan sangat besar sehingga suara rakyat sangat didengarkan oleh parlemen
· Dengan adanya parlemen sebagai perwakilan rakyat maka pengawasan pemerintah dapat berjalan dengan baik
· Pembuat kebijakan bisa ditangani secara cepat sebab gambang terjadi penyesuaian pendapat antara eksekutif & legislatif. Hal ini disebabkan kekuasaan eksekutif & legislatif berada pada satu partai atau koalisi partai.
· Sistem pertanggungjawaban dalam pembuatan dan juga pelaksanaan kebijakan publik sangat jelas.
Kelemahan Sistem Pemerintahan Parlementer
· Keberhasilan sangat sulit dicapai jika partai di negara tersebut sangat banyak( banyak suara).
· Parlemen menjadi tempat kaderisasi bagi jabatan-jabatan eksekutif. Pengalaman mereka menjadi anggota parlemen dimanfaatkan dan manjadi bekal penting untuk menjadi menteri atau jabatan eksekutif lainnya
· Kabinet sering dibubarkan karena mendapatkan mosi tidak percaya Parlemen
36. Mendeskripsikan pengertian pers
Jawab:
Pers, adalah lembaga sosial dan wahana komunikasi massa yang melaksanakan kegiatan jurnalistik meliputi : mencari, memperoleh, memi-liki, menyimpan, mengolah, dan menyampaikan informasi baik dalam bentuk tulisan, suara, gambar, serta data dan grafik maupun dlm bentuk lainnya dgn menggunakan media cetak, media elektronik dan segala jenis saluran yg tersedia.
37. Mendeskripsikan fungsi pers
Jawab:
Pers berfungsi sebagai media informasi, pendidikan, hiburan, kontrol sosial dan dapat juga sebagai lembaga ekonomi.
38. Mendeskripsikan perkembangan pers
Jawab:
· Pers Jaman Penjajahan Belanda & Jepang
· Pers di Masa Pergerakan
· Pers di Masa Penjajahan Jepang
· Pers di Masa Revolusi Fisik
· Pers di Era Demokrasi Liberal (1949-1959)
· Pers di Zaman Orde Lama atau Pers Terpimpin (1956-1966)
· Pers di Era Demokrasi Pancasila dan Orde Baru
· Kebebasan Pers di Era Reformasi
39. Mendeskripsikan peranan pers
Jawab:
· Memenuhi hak masyarakat untuk mengetahui.
· Menegakkan nilai-nilai dasar demokrasi, mendorong terwujudnya supremasi hukum, dan Hak Asasi Manusia, serta menghormati kebhinekaan.
· Mengembangkan pendapat umum berdasarkan informasi yang tepat, akurat dan benar.
· Melakukan pengawasan, kritik, koreksi dan saran terhadap hal-hal yang berkaitan dengan kepentingan umum.
· Memperjuangkan keadilan dan kebenaran.
40. Menganalisis kode etik jurnalistik
Jawab:
Kode Etik Jurnalistik merupakan aturan mengenai perilaku dan pertimbangan moral yang harus dianut dan ditaati oleh media pers dalam siarannya.
41. Mengevaluasi kebebasan pers di indonesia
Jawab:
Adalah kebebasan mengemukakan pendapat, baik secara tulisan maupun lisan, melalui media pers, seperti harian, majalah, dan buletin.
42. Menjelaskan pengertian globalisasi
Jawab:
Berasal dari kata global, yang maknanya ialah universal atau internesional
43. Dampak globalisasi
Jawab:
Dampak positif globalisasi
· Perubahan tata nilai dan sikap yaitu dari irasional menjadi rasional
· Berkembangnya IPTEK yaitu masyarakat menjadi lebih mudah dalam beraktivitas dan mendorong untuk berpikir lebuh maju
· Tingkat kehidupan yang lebih baik
Dampak negatif globalisasi
· Pola hidup konsumtif
· Sikap individualistik
· Gaya hidup barat
· Kesenjangan sosial
44. Sikap terhadap pengaruh globalisasi
Jawab:
Sikap Terhadap dampak positif yaitu:
· Memanfaatkan keunggulan alat komunikasi dengan sebaik-baiknya, demi kemajuan masa depan dan tidak menyalahgunakan
· Memilih yang baik dan mendukung proses pembelajaran diri
Sikap terhadap dampak negatif:
· Memperkuat keimanan, belajar dengan tekun, memperkuat rasa persatuan dan kesatuan, menggunakan produk dalam negeri